
Remaja dalam masa perkembanganya akan mengalami perubahan yang akan di hadapi oleh orang tua untuk kemudian dapat memahami bagaimana mendidiknya.
Sebagai orang tua, apakah kita mulai merasa bahwa anak yang awalnya penurut menjadi bersikap melawan dan berbicara kasar? Atau anak yang tadinya senang menghabiskan waktu bersama keluarga, kini hanya punya waktu untuk teman-temanya?
Apakah kita ingat masa-masa saat SMP? Saat itu, kita bukanlah anak-anak, namun bukan juga seorang dewasa. Itu adalah masa yang membingungkan, menegakan, berbahaya, dan juga menyenangkan. Begitu pun masa yang sedang dialami oleh anak-anak kita. Memahami Karakter dan Perubahan yang terjadi padanya dengan mengingat kembali bagaimana keadaan kita pada masa-masa seusia mereka. Mencoba menempatkan diri menjadi diri mereka di masa sekarang.
Beberapa Perubahan terjadi pada remaja :
- Perubahan Fisik
- Remaja mengalami pubertas yang merupakan tanda kematangan fisik
- Kematangan Organ Reproduksi
- Pertumbuhan tinggi dan berat badan
- Perubahan Hormon
- Perubahan Kognitif
- Remaja mampu berfikir abstrak dan logis dibandingkan masa sebelumnya
- Karakter Umum
- Remaja tidak sabar untuk dewasa, tapi di sisi lain juga tidak ingin menjadi dewasa
- Mereka ingin bermain-main, tapi juga ingin di anggap serius
- Mereka khawatir tentang masa depan
Dalam perkembanganya, sebagai orang tua, kita harus sudah memahami karakter remaja berbeda dengan anak-anak dan juga dewasa. Memberikan perhatian pujian dan penghargaan merupakan bagian dalam memahami karakter sang buah hati.
Anak-anak akan mengulangi perilaku positif saat orang tua memberikan perhatian yang positif. Sikap yang di dapatnya dalam keluarga, cenderung akan di terapkan dalam pergaulanya, bahkan kelak akan terulang ketika para anak sudah menjadi orang tua.
Memberikan perhatian paling sederhana adalah menanyakan kabar kondisinya setiap hari, atau terkadang bisa dengan membuatkanya sarapan kesukaanya dan makan bersama. Anak-anak akanĀ merasakan kehangatan dari perhatian kecil para orang tua, sehingga tidak perlu lagi mencari perhatian diluar atau bahkan mungkin, terlibat dalam pergaulan dan lingkungan yang negatif, menggunakan narkoba salah satunya.
Kriteria dan Tahapan Penyalahgunaan NAPZA :
- TAHAPAN RINGAN
- Pengguna Coba-coba ( Experimental use )
- Penggunaan Sosial/Rekreasi ( Recreational use )
- TAHAPAN SEDANG
- Penggunaan Situasional ( Situational Use )
- TAHAPAN BERAT
- Penggunaan Intensif Bermasalah ( Intensive Use )
- Ketergantungan ( Compulsive Dependent Use )
- ALUR PENDAMPINGAN REMAJA YANG MELAKUKAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI SEKOLAH
- Pemanggilan Kepada Remaja yang menjadi Korban Penyalahgunaan
- Koordinasikan Intern unsur sekolah
- Pemanggilan orang tua dan saksi untuk mendapat informasi
- Berkoordinasi dengan institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL)
- Mendampingi siswa dalam mendapatkan layanan rehabilitasi
- ALUR PENDAMPINGAN REMAJA YANG MELAKUKAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI LUAR SEKAOLAH
- Pemanggilan kepada remaja yang menjadi korban penyalahguna
- Koordinasi intern unsur sekolah
- Home Visit
- Berkoordinasi dengan institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) dan Aparat Hukum
- Mendampingi siswa dalam mendapatkan layanan rehabilitasi